Monday, April 9, 2018

Ternyata Miras Oplosan Maut Di Jaksel Mengandung Metanol, Minuman Berenergi Dan Bersoda

Posted by Bernadi Situmorang on April 09, 2018 in , , , , , , | No comments
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengungkapkan bahwa miras oplosan yang menewaskan delapan warga di Jakarta Selatan terbuat dari campuran berbagai bahan yang dimana salah satunya adalah zat metanol yang disinyalir menjadi penyebab utama kematian.

"Yang meninggal hasilnya didalam tubuh ditemukan senyawa cairan metanol dan etanol. Kalau etanol itu dapat memabukkan akan tetapi kalau metanol tersebut memiliki sifat mematikan," kata Indra di Mapolres Jakarta Selatan.

Selain jenis alkohol tersebut, Indra juga menyampaikan terdapat beberapa bahan lain yang dicampurkan kedalam miras oplosan tersebut. Bahan campurannya terdiri dari minuman bersoda, sirup dan minuma berenergi.
Ternyata Miras Oplosan Maut Di Jaksel Mengandung Metanol, Minuman Berenergi Dan Bersoda
Ternyata Miras Oplosan Maut Di Jaksel Mengandung Metanol, Minuman Berenergi Dan Bersoda

Pembuat miras oplosan tersebut menyebut minuman yang diolah nya tersebut sebagai minuman ginseng akan tetapi setelah di lakukan uji laboratorium, miras tersebut ternyata tidak ditemukan kandungan ginseng.

Menurut Indra, para korban telah mengetahui bahwa miras yang mereka konsumsi tersebut adalah miras oplosan. Dirinya menyebut bahwa korban biasa mengonsumsi miras oplosan karena harga yang lebih murah selain itu juga karena para korban tidak mengetahui bahwa miras oplosan tersebut berbahaya.

"Korban melihat campurannya Coca Cola, sirup dan minuman bernergi ditambah alkohol yang mereka anggap tidak berbahaya akan tetapi ternyata dalam alkohol tersebut mengandung metanol," kata Indra.

Polisi telah menetapkan RS sebagai tersangka karena menjadi pihak yang menjual miras oplosan kepada warga sehinga menewaskan delapan orang. RS disangka telah menjual produk yang tidak memiliki izin edar.

Adapun korban adalah W (32), FS (40), AL (39), M (50), YH (32), Su (29), F (32) dan S (40). 3 korban meninggal di RS Fatmawati, 3 korban meninggal di RSUD Pasar Minggu dan 2 korban lainnya meninggal di RS Zahira Pasar Minggu.

0 comments:

Post a Comment